Rabu, 03 Maret 2010

LEVEL KECAKAPAN RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR

  1. KOGNITIF
  • Knowledge (Mengetahui dan Mengingat) : menyebutkan, menuliskan, menyatakan, mengurutkan, mengidentifikasi, mendefinisikan, mencocokkan, manamai, melabeli, menggambarkan
  • Comprehension (Pemahaman) : menerjemahkan, mengubah, menggeneralisasi, menguraikan (dengan kata-kata sendiri), menulis ulang (dengan kalimat sendiri), meringkas, membedakan (diantara dua), mempertahankan, menyimpulkan, berpendapat, dan menjelaskan
  • Application (Penerapan ide) : mengoperasikan, menghasilkan, mengubah, mengatasi, menggunakan, menunjukkan, mempersiapkan, dan menghitung
  • Analysys (Kemampuan menguraikan) ;menguraikan satuan menjadi unti-unit yang terpisah, membagi satuan menjadi sub-sub atau bagian-bagian, membedakan antara dua yang sama, memilih, dan mengenai perbedaan (diantara yang dalam satu kesatuan)
  • Synthesis (Unifikasi) : merancang, merumuskan, mengorganisasikan, mengompilasikan, mengkomposisikan, membuat hipotesis, dan merencanakan
  • Evaluation (Menilai) : mengkritisi, menginterpretasi, menjastifikasi, dan memberi penilaian
2. AFEKTIF
  • Receiving (Penerimaan) : mempercayai (sesuatu atau seseooorang untuk diikuti). memilih (sesuatu atau seseorang untuk diikuti), mengikuti, bertanya (untuk diikuti), dan mengalokasikan
  • Responding (Tanggapan) : mengonfirmasi, memberi jawaban, membaca (pesan-pesan), membantu, melaksanakan, melaporkan, dan menampilkan.
  • Valuing (Penanaman nilai) : menginisiasi, mengundang (orang untuk terlibat), terlibat, mengusulkan dan melakukan.
  • Organization (Pengorganisasian nilai-nilai) : memverifikasi nilai-nilai, menetapkan beberapa pilihan nilai, mensintesiskan (antar nilai), mengintegrasikan (antar nilai), menghubungkan (antar nilai), mempengaruhi (kehidupan dengan nilai)
  • Characterization (Karakterisasi kehidupan) : menggunakan nilai-nilai sebagaai pandangan hidup, mempertahankan nilai-nilai yang sudah diyakini
3. PSIKOMOTOR
  • Observing (Memperhatikan) : mengamati proses, memberi perhatiian pada tahap sebuah perbuatan, memberi perhatian pada sebuah artikulasi.
  • Imitation (Peniruan) : melatih, mengubah sebuah bentuk, membongkar sebuah struktur, membangun kembali sebuah struktur, dan menggunakan sebuah kontruk atau model
  • Practicing (Pembiasaan) : membiasakan sebuah model atau perilaku yang sudah dibentuknya, mengontrol kebiasaan agar tetap konsisten
  • Adapting (Penyesuaian) : menyesuaikan model, membenarkan sebuah model untuk dikembangkan, dan mennyekutukan model pada kenyataan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar