Rabu, 03 Maret 2010

MODEL PEMBELAJARAN CTL

CTL (Contextual Teaching and Learning) : yaitu konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. CTL memiliki tujuh komponen utama, yaitu :
  • Contructivism (Konstruktivisme) , peserta didik akan belajar lelbih bermakna dengan cara bekerja sendiri, membangun, mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya, peserta didik belajar sedikit demi sedikit dan semakin mendalam melalui pengalaman belajar yang memadkai.
  • Inquiry (Menemukan) : Peserta didik berusaha mengamati, memahami, menganalisa sebuah fenomena, mengajukan dugaan sementara, dan sampai pada merumuskannya konsep sendiri sbagai kesimpulan, baik secara individu maupun kelompok.
  • Questioning (Bertnya) : Peserta didik didorong selalu bertanya dan bertanya sehingga mendapat informasi sebanyak-banyaknya sehingga terbangun konsep baru
  • Lerning Community (Masyarakat belajar) : Peserta didik saling tukar pengalaman dengan orang lain, saling bekerja sama dalam memecahkan berbagai persoalan.
  • Modeling (Pemodelan) : Perlunya berbagai model dalam pembelajaran sehingga bisa ditiru dan dipraktikkan oleh peserta didik.
  • Reflection (Refleksi) : Berfikir ke belakang tentang apa-apa yang sudah dilakukan di masa lalu.
  • Authentic assestment (Penilaian autentik) : Proses pengumpulan data sebagai gambaran perkembangan belajar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar